MONITORING JARINGAN

MONITORING JARINGAN 



PENGERTIAN MONITORING DAN CACTI

Monitoring adalah proses pemantauan sistem atau lingkungan untuk mendeteksi perubahan, masalah, atau kondisi yang dapat mempengaruhi kinerja atau keamanan suatu sistem. Tujuan utama dari monitoring adalah untuk memastikan bahwa sistem atau lingkungan berjalan dengan baik, serta untuk mengidentifikasi masalah atau anomali secepat mungkin sehingga tindakan perbaikan dapat diambil sebelum masalah menjadi lebih serius. Monitoring dapat digunakan dalam berbagai konteks, termasuk dalam pengelolaan jaringan komputer, sistem komputer, server, aplikasi, dan bahkan lingkungan fisik seperti suhu dan kelembaban.

Cacti adalah salah satu perangkat lunak sumber terbuka yang digunakan untuk melakukan monitoring dan pengelolaan jaringan komputer dan infrastruktur. Cacti berfokus pada pemantauan penggunaan sumber daya jaringan seperti bandwidth, pemakaian CPU, penggunaan memori, dan banyak parameter lainnya. Ini adalah perangkat lunak yang sangat berguna bagi administrator jaringan dan sistem untuk memahami bagaimana sumber daya jaringan digunakan dan untuk mengidentifikasi masalah potensial.


KONFIGURASI

1.Sebelum melakukan konfigurasi pertama tama membuat topologi terlebih dahulu.

2.Langkah pertama buka aplikasi PuTTY untung meremote, lalu masukan ip address dengan menggunakan port 22 kemudian klik open.


3.Selanjutnya login menggunakan user root dan password yang sudah di buat,jika sudah berhasil login selanjutnya lakukan update menggunakan command apt update.



4.Selanjutnya masukan ip server vps pada domain (Name cacti,CNAME A,TTL 14400,R DATA 203.175.11.226) .


5.Selanjutnya ujicoba ping cacti pada putty yaitu menggunakan command ping cacti.fauzanalhasani.my.id .


6.Selanjutnya lakukan install cacti


7.Selanjutnya akan muncul tampilan pop up yang menanyakan tipe web server apa yang akan digunakan selama konfigurasi cacti. Disini saya memilih apache2.


8.Selanjutnya pilih yes,karena akan melakukan konfigurasi database secara manual dengan dbconfig.


9.Selanjutnya membuat password,dan password ini akan digunakan untuk login ke dalam cacti,Selanjutnya klik ok ,lalu masukan kembali password yang sama 


10.Selanjutnya melakukan installasi dnsutils.


11.Selanjutnya ketikan perintah dig cacti.fauzanalhasani.my.id, perintah ini digunakan untuk verifikasi DNS.


12.Selanjutnya melakukan pengujian nslookup dengan menggunakan command nslookup cacti.fauzanalhasani.my.id lalu pastikan nslookup mengarah pada server.


13.Selanjutnya melakukan penginstallan apache2 gunanya untuk menjalankan situs web, aplikasi web, dan mengelola server web dari jarak jauh melalui SSH. Ini membantu dalam hosting, konfigurasi server, keamanan, manajemen lalu lintas, dan banyak fitur lainnya.


14.Selanjutnya masuk pada file apache2.conf kemudian tambahkan ServerName localhost


15.Selanjutnya pindah pada direktori site-available menggunakan perindah cd /etc/apache2/site-available/, lalu copy file 000-default.conf menjadi cacti.conf kemudian kita ls untuk melihat hasilnya sudah tercopy.


16.Selanjutnya masuk pada file cacti.conf,lalu hapus # pada bagian ServerName kemudian ubah menjadi domain yang telah kita buat cacti.fauzanalhasani.my.id dan pada bagian documentroot ubah menjadi /usr/share/cacti/site.


17.Selanjutnya ketikkan command 12ensite cacti.conf, perintah ini di gunakan untung mengaktifkan file cacti.conf.


18.Selanjutnya melakukan reload pada apache2 menggunakan command systemctl reload apache2.


19.Selanjutnya melakukan restart pada mysql menggunakan command /etc/init.d/mysql restart.


20.Selanjutnya melakukan install snmp menggunakan command apt install snmp snmpd.untuk menginstall paket monitoring, emudian proses install akan berhenti karna ada pemberitahuan bahwa ruang disk akan terpakai 144 KB, disini saya menyetujui maka klik Y kemudian enter dan tunggu hingga proses install selesai.

21.Selanjutnya masuk pada direktori /etc/snmp, lalu backup file snmp menggunakan perintah cp snmpd.conf snmpd.conf.backup.


22.Selanjutnya kita lakukan pengeditan pada file snmp dengan mengubah iplookback 127.0.0.1 menjadi ip server 203.175.11.226.


23.Selanjutnya masih pada file snmp kemudian scroll kebawah lalu cari access control dan masukan ip servernya dan ganti public menjadi nama yang ingin kita gunakan. Berikutnya lakukan pengeditan pada syslocation isikan sesuai dengan lokasi keberadaan kita dan pada bagian syscontact saya isikan menggunakan nama domain. Jika sudah klik ctrl+x y untuk menyimpan pengeditan.


24.Selanjutnya lakukan restart paket snmpd dengan mengetikan perintah /etc/init.d/snmpd restart


25.Selanjutnya ketikan perintah snmpwalk -v 1 -c fauzanalhasani 203.175.11.226 untuk melakukan verivikasi apakah snmp sudah sesuai atau belum.


26.Selanjutnya kita akan verifikasi pada client, jangan lupa untuk mengarahkan dns ke server terlebih dahulu. Kemudian buka browser lalu search 203.175.11.226/cacti, kemudian kita login menggunakan user admin dan password 123.


27.Selanjutnya klik creat devices network untuk melakukan monitoring pada server.


28.Selanjutnya klik tanda plus lalu add yang ada pada pojok kanan atas


29.Selanjutnya isi kan data monitoring sesuai konfigurasi yang di gunakan jika sudah lalu klik create.


30.Selanjutnya ceklis pada bagiam graph template dan device name jika sudah klik create.


31.Selanjutnya tambahkan data query pada device baru, dengan memilih SNMP-Interface-Statistic dan klik Add.


32.Langkah terakhir yaitu pilih menu graphs, kemudian kita bisa melihat grafiknya.







TERIMA KASIH



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi File Server di Pnet Lab

Remote Server di PNETLAB